Jumat, 03 Juni 2011

pentas seni (manusia dan kebudayaan)

Bertempat di PRPP Semarang Jawa Tengah, Sabtu 5 Agustus 2006 Pukul 18.30 - 17.50 WIB telah dilangsungkan pentas kesenian daerah Kuda Kepang dari Paguyuban Seni Gralis Budoyo dari Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo. Pentas kesenian tersebut dalam rangka mengisi acara panggung hiburan kesenian daerah Mega Jateng Expo 2006.

Dalam pengantar sambutannya, Ismu Syamsudin, S.Kar (Plt. Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Pekalongan) selaku pembina kebudayaan kesenian daerah di Kabupaten Pekalongan, menyatakan bahwa kesenian daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Pekalongan sebenarnya tidak hanya Kuda Kepang saja, namun karena Paguyuban Kesenian Kuda Kepang Gralis Budoyo telah 3 kali menjadi nominasi Juara dalam lomba kesenian daerah tingkat Kabupaten Pekalongan, maka diputuskan kesenian Kuda Kepang ini yang dipentaskan. Dalam pentas ini selain disajikan alunan gending/musik gamelan khas pesisiran juga ditampilkan atraksi kuda kepang yang dibumbui dengan aroma magic dimana para pemainnya mengalami "trance/kesurupan" sehingga gerak geriknya mengundang perhatian para penonton PRPP yang malam minggu tersebut sangat padat/antre.

Pentas malam minggu tersebut dibagi dua sesi. Duta kesenian Kabupaten Pekalongan mendapat jatah waktu sesi pertama, sedangkan sesi kedua yang dimulai Pk.20.00 WIB diisi oleh kesenian rakyat dari Kabupaten Blora dengan menampilkan atraksi Barongan. M. Salim selaku Pimpinan Paguyuban Kesenian Gralis Budoyo menyatakan bahwa kesenian kuda kepang ini sering dipentaskan di dalam maupun luar daerah Kabupaten Pekalongan. " Belum lama ini kami juga pentas di Taman Maerokoco Semarang, dan kami berharap dengan pementasan kesenian kuda kepang ini dapat menjadi cara untuk nguri-uri (melestarikan) budaya kesenian daerah yang ada", demikian ujarnya. M. Salim bertindak pula sebagai pawang yang memimpin acara ritual (magic) pementasan Kuda Kepang. Peserta pentas sebanyak 50 orang terdiri dari para penari kuda kepang, pengrawit, sinden dan tim pendamping dari Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan. Sebelum pentas, para pendukung acara kesenian ini transit terlebih dulu di Anjungan Kabupaten Pekalongan (Rumah Kaji) Taman Maerokoco Semarang

0 komentar:

Posting Komentar

pollowers